Kamis, 18 November 2010

tEkNiK PERMESINAN

     Dalam teknik kerja mesin banyak orang lebih suka menggunakan  mesin CNC dalam mendukung proses produksi karena dengan menggunakan mesin ini lebih efisien waktu dan dapat menghasilkan hasil produksi lebih banyak,tetapi harga mesinnya dan perawatannya yang sangat mahal dibandingkan mesin bubut konvensional. sehingga jarang disekolah mempunyai mesin ini.kebanyakan menggunakan mesin bubut konvensional.alangkah enaknya kalau di sekolah smkn 1 sidoarjo mempunyai mesin CNC sehingga banyak murid yang siap terjun kedunia industri dengan mempunyai ketrampilan CNC karena di luar sana banyak pabrik yang sekarang menggunakan mesin CNC untuk menunjang hasil produksi yang yang praktis.Tetapi di sekolah ini siswa yang ingin belajar CNC langsung praktik harus membayar, dan dilakukannya ditempat yang sangat jauh di UNTAG surabaya sehingga membutuhkan hari yang libur.
  
 Mesin CNC dibagi dalam 2 (dua) macam, yaitu :
1.Mesin bubut CNC 
2.Mesin frais CNC
 Tetapi kelas XI ini kami hanya diajari mesin bubut CNC saja, mungkin YAng mesin frais CNC kelas XII.
Cara Mengoparasikan Mesin CNC
Secara umum, cara mengoperasikan mesin CNC dengan cara memasukkan perintah numeric melalaui tombol-tombol yang tersedia pada layar komputer,cara mengoperasikan mesin CNC dapat dilakukan dengan dua macam cara, yaitu :
A.Sistem Absolut
       Pada sistem ini titik awal penempatan alat potong yang digunakan sebagai acuan adalah menetapkan titik referensi yang berlaku tetap selama proses operasi mesin berlangsung.  
B.Sistem Incremental
Pada system ini titik awal penempatan yang digunakan sebagai acuan adalah selalu berpindah sesuai dengan titikpahat yang dinyatakan terakhir. 
Mesin CNC Generasi Baru
Dalam mengoperasikan mesin harus mengerti dasar-dasarnya seperti perintah-perintah G,dan mengenali nama bagian-bagiannya.Sebelum Operator mesin CNC yang akan memasukkan program pada mesin sebelumnya harus sudah memahami gambar kerja dari komponen yang akan dibuat pada mesin tersebut. Gambar kerja biasanya dibuat dengan cara manual atau dengan computer menggunakan program CAD (Computer Aided Design).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar